Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Elon Musk Kolab Jokowi, Ngapain Ya?

Kebayang gak kalau ada Space X di Indonesia? Peluncuran roket bakal bisa kita lihat kaya di Amerika. Beberapa waktu lalu Jokowi dan Elon Musk, CEO Space X dan Tesla conference call ngomongin bisnis. Jokowi mengajak Space X untuk bikin launch pad dan kolaborasi kembangkan teknologi LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksan Nasional) di Indonesia.

Selain itu dua orang besar ini terlibat dalam obrolan pengembangan industri produsen baterai terbesar di dunia. Musk membutuhkan pemasok baterai skala besar secara konsisten untuk mobil listrik Tesla.

Jokowi dan Musk dikenalin sama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Supaya Elon Musk kerja sama dengan Indonesia dalam hal investasi teknologi mobil listrik.

Mobil listrik Tesla punya kendala memproduksi mobil listrik karena komponen baterai yang sulit didapatkan secara massal. Selama ini mereka mendapatkan pasokan baterai dari Amerika dan Kanada. Menurut Musk produksi baterai dua negara tersebut lambat dan gak produksi massal.

Indonesia memiliki potensi menjadi pemasok baterai massal tetap buat mobil listrik. Soalnya Indonesia punya sumber nikel terbesar di dunia. Seperti yang diketahui nikel adalah bahan dasar baterai listrik.

Agenda Jokowi dan Elon Musk udah cocok banget. Sama-sama punya dua barang yang bisa ditawarkan kaya emak-emak lagi nyari ayam di pasar. Kalau jadi rencana ini akan terwujud. Soalnya Musk bakal kirim tim riset lapangan tahun 2021 ke Indonesia.

RECOMMENDATION