Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Perjalanan Panjang dan Asal Muasal Virus Corona

Virus yang bernama Corona atau Covid-19 mulai dari awal ditemukan hingga menjadi pandemi sampai menyebabkan wabah hingga krisis di seluruh dunia saat ini punya cerita tersendiri. Ya ini adalah sebuah perjalanan panjang. Mulai ditemukan tahun 1964, namun saat itu belum dikatakan sebagai virus berbahaya. Namun kini menjadi hal yang menakutkan penduduk dunia. Ada apa?

Memang virus corona menjadi pandemi. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, variasi genetiknya masih terus berkembang. Bahkan jurnal terbitkan Cell menyebut, mutasi virus corona lebih menular antar manusia dibandingkan sebelumnya.

Penelitian ini masih terus berlangsung, sekaligus memastikan perkembangan genetik ini tidak pengaruhi pengembangan vaksin atau antivirus. Indonesia juga melakukan pengembangan vaksin corona. Tidak menunggu, karena ada kemungkinan perbedaan sekuan gen virus yang berkembang berbeda dengan di luar Indonesia, sehingga kemandirian penemuan vaksin menjadi keharusan.

Pandemi virus COVID-19 sendiri adalah sebuah perjalanan panjang. Awal mula wabah corona teridentifikasi dan ditemukan tahun 1964, namun belum dikatakan sebagai virus berbahaya. Kini menjadi hal yang menakutkan penduduk dunia.

Bagaimana sebenarnya cerita perjalanan panjang virus corona sejak ditemukan 56 tahun lalu? Simak video ini.

LATEST