Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#teknologi

7 Smartphone Fold Canggih 2021 yang Bakal Ngetrend

Tren smartphone fold bakal terjadi, nih . Berikut 7 smartphone lipat canggih yang bakal tren di tahun 2021.

Reza Rizaldy  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Pengumuman Samsung bakal mengembangkan layar OLED 3 lipatan memicu perang memanaskan persaingan pasar smartphone fold. Perusahaan asal Korea Selatan ini seakan menabuh genderang perang buat LG, Apple, OPPO dan Xiaomi yang sedang mengembangkan smartphone fold.

CEO Display Supply Chain Consultant (DSCC), Ross Young mengatakan akhir tahun 2021 permintaan smartphone fold akan semakin besar. Imbas dari merk-merk ternama yang saling pamer kecanggihan smartphone lipat di tahun 2020.

Riset lain juga memprediksi investasi pengembangan teknologi smartphone fold juga akan semakin besar hingga tahun 2026. Brand besar seperti Samsung, Motorola dan brand China bakal perang habis-habisan.

Daripada terlalu banyak ngomongin prediksi pasar, berikut smartphone lipat keren yang bikin kamu tercanggih di tongkrongan pada tahun 2021.

Samsung fold 3/Digital Trends
Samsung fold 3/Digital Trends

 

1. Samsung Galaxy Fold 3 & Galaxy Flip 3

 

Kehadiran 2 seri smartphone flagship terbaru dari merk Korea Selatan ini akan hadir bersamaan pada pertengahan 2021. Galaxy Fold 3 akan ada tambahan fitur S pen, khas Galaxy. Harganya dibanderol sekitar $ 2.000 atau Rp 28 juta.

Saudara kembarnya, Galaxy Flip 3 gak banyak informasi detail. Namun, yang pasti Samsung akan mempertahankan desain warna yang cerah. Rendernya memamerkan kamera ganda dan layar depan 1,83 inci - langkah maju dari panel depan 1,1 inci Galaxy Z Flip.

 

2. Google Pixel Fold

 

Ada bisik-bisik tetangga tetangga yang bocor. Google sedang mengerjakan Pixel yang dapat dilipat. Gak banyak informasi yang diketahui soal fitur pendukung lainnya. Meskipun bocoran menunjukkan bahwa perangkat lipat baru dapat menjadi bagian dari jajaran smartphone Google yang diumumkan dengan Pixel 6, dengan tanggal peluncuran pada akhir 2021 atau awal 2022.

Oppo X 2021 dengan fitur layar yang bisa digulung/Digital Trends
Oppo X 2021 dengan fitur layar yang bisa digulung/Oppo

3. OPPO X 2021

Kalau kamu pengikut Gadget In pasti sudah gak asing sama Oppo X 2021. Smartphone gulung ini memiliki layar fleksibel OLED berukuran 6,7 inci ukuran semula, dan 7,4 inci jika diperpanjang. Powertrain roll motor menjamin penggulungan layar berjalan mulus. Teknologi ini yang membuat lipatan layar gak terlihat saat diperluas.

OPPO X 2021 dilengkapi dengan dua kamera belakang 16 dan 20 megapixel. Dan kamera depan 25 megapixel. Kapasitas baterai 3.730mAh dengan fast charging. Diperkuat dengan Snapdragon 845 dengan sistem berbasis Android.

Harganya terbilang cukup murah dibanding smartphone sekelasnya dengan harga Rp 13,5 juta.

HALAMAN SELANJUTNYA next page
4. Royole FlexPai 2

Royole Flexpai 2 smartphone fold tercanggih di kelasnya/Digital Trend
Royole Flexpai 2 smartphone fold tercanggih di kelasnya/Digital Trend

 

4. Royole FlexPai 2

Royole FlexPai adalah smartphone lipat komersial pertama di dunia yang dirilis ke pasar Cina. Perusahaan yang gak dikenal ini akan rilis FlexPai 2 yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya dan hanya tersedia di Cina.

Model terbaru akan memiliki layar 7,8 inci yang tidak dilipat dengan resolusi 1920 x 1440 piksel dan rasio aspek 4:3. Saat dilipat, layar utama dan sekunder masing-masing berukuran 5,5 inci (1440 x 900 piksel) dan 5,4 inci (1440 x 810 piksel).

FlexPai 2 melipat dengan magnet. Dilengkapi dengan WaterOS 2.0 berbasis Android membuat navigasi menjadi mulus, dibantu oleh chipset Snapdragon 865, baterai 4.000mAh, dan RAM 8GB atau 12GB. Anda dapat membeli penyimpanan 256GB atau 512GB. Royole FlexPai 2 dijual seharga $ 1.544 atau Rp 22 juta.

 

5. LG Rollable

 

Sayangnya, smartphone LG Rollable jadi produk terakhir brand Korea Selatan ini. Setelah memutuskan hengkang dari persaingan smartphone, perusahaan hanya menjual LG Rollable pada karyawannya.

Jika pernah diluncurkan ke pasar, LG Rollable akan berharga $ 2.359 atau Rp 34 juta, yang akan membuatnya lebih mahal daripada Samsung Galaxy Z Fold 2.

Adapun spesifikasinya layar 7,4 inci saat diperpanjang penuh, dan layar 6,8 inci jika tidak. Diperkuat dengan chipset Snapdragon 888 kelas atas, RAM 16GB, dan baterai 4.200mAh. Dalam video perilisan gak ada kamera depan, tapi banyak yang berspekulasi itu terlihat samar di layar.

HALAMAN SELANJUTNYA next page
6. TCL Rollable dan Trifold

Smartphone Royole Trifold dan Rollable/Slash Gear
Smartphone Royole Trifold dan Rollable/Slash Gear

 

 

6. TCL Rollable dan Trifold

 

Smartphone lipat yang dapat digulung dan lipat tiga menempati posisi desainer di TCL. Desain ini menggunakan teknologi Butterfly Hinge dan Dragon Hinge untuk memungkinkan ponsel berkembang mulus ke perangkat berukuran tablet.

Trifold dimulai sebagai tablet 10 inci dalam keadaan normal dan kemudian berubah menjadi tablet 6,65 inci, semuanya dengan layar 3K dan rasio aspek 20,8: 9.

Ponsel yang dapat digulung secara lahiriah tampak seperti smartphone universal 6,75 inci pada awalnya. Saat Anda membutuhkan permukaan yang lebih besar, Anda dapat dengan mudah membuka gulungan layar ke ukuran tablet dengan tampilan 7,5 inci. Gerakan ini meluncurkan operasi mekanis ponsel, dan dengan mulus melipat layar OLED ke dalam ponsel.

Sejauh ini harga smartphone lipat masih terbilang mahal. Gak heran karena ini teknologi terbaru dari smartphone masa kini. Gak menutup kemungkinan semakin berkembang akan muncul berbagai seri dengan beragam harga.

7. Microsoft Surface Duo

Microsoft merilis Surface Duo, ponsel layar ganda bertenaga Android 10 dengan desain khas yang menampilkan perpecahan di mana dua layar bertemu. Sepasang layar AMOLED 5,6 inci membentuk Surface Duo, masing-masing dengan resolusi 1800 × 1350 pada 401 piksel per inci. Ponsel dapat dilipat tertutup sepenuhnya, terbuka seperti buku, atau lipat kembali dengan sendirinya untuk penggunaan layar tunggal.

 

 

Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation