Belajar Mandiri Lewat Sampah | OPINI.id

Belajar Mandiri Lewat Sampah

Rumah Nara adalah organisasi yang berdayakan anak jalanan dan terlantar mendaur sampah kertas. Sampah kertas dijadikan produk kreatif seperti goody bag, cover undangan, kalender dan lainnya. Agar anak-anak yang dulu tinggal dijalanan bisa hidup mandiri.

Di rumah produksi anak-anak gak cuma diajarkan teknis melakukan daur ulang sampah. Mereka juga diajarkan dan dilibatkan cara berbisnis dengan client mulai dari produksi, distribusi hingga memasarkan produk kreasinya. Sehingga, mereka mendapatkan ilmu yang luas soal berbisnis daur ulang sampah kertas.

Produk kreatif karya anak-anak Rumah Nara tidak dijual secara masal, hanya melalui pesanan saja. Tapi bisnisnya sendiri sudah menyasar ke perusahaan-perusahaan besar yang ingin sampahnya di daur ulang. Sampah tersebut didaur ulang dan diterima perusahaan dalam bentuk produk-produk sesuai pesanan.

Keuntungan dari penjualan akan ditabung dan disubsidi silang ke Sekolah Kejar Paket Nara Kreatif. Sekolah yang memberikan kesempatan kembali anak-anak yang putus sekolah maupun kurang mampu.

Komentar
Fresh