Kura-Kura Yang Gak Jadi Punah | OPINI.id

Kura-Kura Yang Gak Jadi Punah

Setelah lama dianggap punah, peneliti gabungan TN (Taman Nasional) Galapagos dan Galapagos Conservancy berhasil menemukan Kura-kura raksasa Fernandina di habitat aslinya. Satwa endemik Pulau Fernandina, pulau Galapagos ini bernama ilmiah Chelonoidis phantasticus. Selain menjumpai langsung kura-kura raksasa betina ini, tim ekspedisi juga menemukan kotoran serta bekas gigitan yang terdapat pada kaktus, sehingga muncul kemungkinan bahwa sebenarnya ada lebih dari satu kura-kura Fernandina yang masih hidup.

“Konservasi kura-kura raksasa Galápagos telah menjadi dunia saya selama 29 tahun, dan saya telah terlibat dalam banyak peristiwa menarik, termasuk penemuan spesies baru kura-kura. Tetapi kali ini, emosi yang saya rasakan tak terlukiskan,” kata Wacho Tapia, Direktur Inisiatif Restorasi Kura-kura Raksasa di Galapagos Conservancy, seperti dilansir Kumparan.com.

“Menemukan kura-kura hidup di Pulau Fernandina mungkin merupakan penemuan terpenting abad ini. Satu-satunya kura-kura Fernandina yang pernah terlihat, ditemukan 112 tahun lalu,” tambahnya.

“Sekarang kita hanya perlu mengonfirmasi asal genetik betina ini. Dia sudah tua tapi dia masih hidup!”
Kepulauan Galapagos memang terkenal karena keberadaan kura-kura raksasanya. Kata Galapagos sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang berarti kura-kura. Saat ini diketahui ada 15 spesies kura-kura yang menghuni Kepulauan Galapagos.
Kepulauan ini juga terkenal karena pernah didatangi oleh ahli biologi terkenal Charles Darwin. Kunjungannya ke Galapagos kemudian menginspirasi Darwin untuk menulis mengenai teori evolusi yang disebabkan oleh seleksi alam. Wah kalau gitu kura-kura yang ini harus segera dipertemukan sama lawan jenisnya biar gak punah. Kalau perlu donlotin tinder juga!

Komentar
Fresh