Nusantara Satu Diluncurin SpaceX | Opini.id
Next Video

Nusantara Satu Diluncurin SpaceX

Udah tahu belum? kita punya satelit baru nih. Satelit yang dinamai Nusantara Satu itu diluncurin pada hari Jumat, 22 Februari 2019 pagi. Satelit Nusantara Satu (PSN VI) adalah satelit komunikasi geo stasioner (GEO) Indonesia yang dimiliki oleh Pasifik Satelit Nusantara (PSN). Satelit ini ditempatkan pada posisi di atas equator pada 146 BT dan bergerak bersamaan dengan rotasi bumi.
Satelit Nusantara Satu merupakan Satelit Broadband pertama Indonesia yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar untuk memberikan layanan akses broadband ke seluruh wilayah Indonesia.
Memiliki kapasitas 26 transponder C-band dan 12 transponder Extended C-band serta 8 spot beam Ku-band dengan total kapasitas bandwidth mencapai 15 Gbps, dengan area cakupan (coverage) hingga ke seluruh wilayah Indonesia.
Nusantara Satu dibuat oleh Space System Loral (SSL), Amerika Serikat dan diluncurkan di Cape Canaveral, Amerika Serikat pada Februari 2019 menggunakan roket peluncur Falcon-9 dari perusahaan Space-X. Nah kalau kamu percaya bumi itu datar, tonton aja peluncuran satelit ini yang abis disiarin live di channel Youtube-nya SpaceX atau PSN pada hari Jumat (22/09/2019) pagi, pasti kamu bakal ngelihat kalau bentuk bumi tuh yang bener aslinya kayak gimana.

Komentar
Fresh