Brand Lokal Jajah Pasar Asing | OPINI.id

Brand Lokal Jajah Pasar Asing

Siapa bilang industri kita terus dijajah sama asing. Faktanya justru merk lokal kita yang banyak jajah pasar luar negeri. Salah satunya ada Mayora Group yang banyak kuasai pasar Internasional. Gak cuma itu Kamenperin juga optimis dengan adanya industri 4.0 ini, ekspor makanan dan minuman kemasan bisa naik 4 kali lipat.

Pasalnya, Indonesia yang kaya komoditas ini mampu memasok produk -produk lokal bagi industri makanan dan minuman Internasional. Jokowi mencontohkan produk MAYORA yang mampu mengekspor ke lebih dari seratus negara di dunia. Bahan baku produk tersebut 100% merupakan hasil dari produksi lokal Indonesia.

"Produk-produk yang diproduksi PT. Mayora ini adalah brand asli Indonesia yang menjajah hampir seratus lebih negara lain. Menjajah dalam artian masuk pasarnya. Bukan kita dimasuki, tapi kita memasuki. Ini yang penting," terang Jokowi.

Ekspor dianggap sebagai salah satu skema kunci perekonomian. Oleh karena itu regulasi terkait ekspor disederhanakan sehingga proses ekspor dapat dilakukan lebih cepat. Selain ekspor, Jokowi juga menyebutkan investasi sebagai kunci ekonomi. Investasi terus didorong dengan kemudahan terutama bagi industri berorientasi ekspor serta produk substitusi impor.

Di saat yang bersamaan, Kamenperin perkirakan dengan adanya Industri 4.0, ekspor makanan dan minuman lokal bisa naik 4 kali lipat dari biasanya. Apalagi negara kita yang kaya akan alamnya dan juga bahan mentah yang diperlukan Industri akan optimis dapat menjajah pasar Internasional.

Komentar (2)
Fresh