Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
Next Video

Modif Vespa Klasik Jadi Vespa Listrik Biar Ramah Lingkungan

Pernah terbayang sunmorian naik Vespa anti mogok dan ngebul? Bengkel custom motor Elders Company hadirkan Vespa klasik tanpa ribet buat orang awam skuter klasik.

Bengkel yang jadi langganan Jokowi ini membuat memodifikasi sebuah Vespa Sprint tahun 1967 menjadi motor listrik. Mesin 2 tak-nya diganti dengan baterai, dinamo dan controller ke dalam bodi klasik. Skuter jadi gak perlu isi bensi, gak perlu tarik kopling, anti ngebul dan mogok. Kecuali kalau baterainya habis.

Vespa custom karya Elders dinamakan Elettrico. Elettrico digerakan dinamo dengan baterai berkapasitas 3.000 watt. Skuter bisa dipacu hingga kecepatan 80 km/jam dengan jarak tempuh sejauh 60-75 kilometer. Pengisian baterai cuma butuh waktu 5 jam langsung bisa gas dipakai.

CEO Elders Company, Heret Frasthio menjelaskan Elettrico dibentuk oleh tim Elders Garage Electric Division. Tujuannya supaya skuter klasik Vespa tetap lestari. Gak cuma penggila Vespa aja, orang awam juga bisa menikmati klasikan Vespa tanpa upaya perawatan ekstra. Karena dengan baterai teknologinya seperti sepeda listrik saja.

"Klasiknya masih dapat, sentuhan teknologinya mempermudah dan ramah lingkungan," ungkap Heret dikutip dari Kumparan.

Kabarnya custom kit Vespa Elettrico sudah di pesan sama anak Vespa di Eropa. Diminati karena di negara barat mayoritas sudah gak boleh pakai kendaraan bermotor bermesin 2 tak atau mesin emisi karbon tinggi lainnya.

Vespa lagi tren sejak pandemi awal. Orang mendadak berburu skuter klasik ini hingga harga puluhan juta.

Kalau kamu punya bahan Vespa, tim Elders siap bantu modif dengan harga Rp 17-25 juta. Harga disesuaikan dengan spesifikasi yang diinginkan pehobi skuter klasik.

Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki salut banget sama Elders. Bahkan menitipkan Vespa kesayangannya buat dijadikan motor listrik.

Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi

RECOMMENDATION