Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
Next Video

Ragam Hadiah Vaksinasi di Berbagai Negara

Orang yang gak percaya vaksinasi juga banyak di luar negeri. Beberapa negara membujuk warganya untuk vaksin dengan hadiah vaksinasi Covid 19. Hadiah seperti rumah, voucher liburan hingga sapi diberika buat mereka yang mau vaksin.

Pemberian hadiah tujuannya untuk meningkatkan angka partisipasi vaksin di negara tersebut.

Rusia memberikan hadiah mobil buat warganya yang mau vaksin. Dilakukan oleh wali kota Moskow. Hadiah diundi bagi mereka yang beruntung dan sudah divaksinasi.

Negara Asia Tenggara seperti Filipina dan Thailand juga melakukan hal yang sama. Melihat warganya lebih butuh hewan ternak seperti sapi, ayam mereka kasih buat warga yang sudah divaksin. Khusus Filipina, pemerintah kerja sama dengan anggota parlemen tajir sediakan hadiah seperti rumah dan beras.

Hadiah vaksinasi di Hong Kong lebih menggiurkan lagi. Pemerintah paham betul warga sulit mendapatkan apartemen di sana. Celah ini dimanfaatkan pemerintah untuk bujuk warganya vaksin, mereka yang telah divaksinasi bisa dapatkan undian apartemen.

Kalau di Amerika beda lagi, tiap negara bagian punya kasih hadiah yang berbeda-beda. Kalau di California warga berhak mendapatkan undian hadiah uang tunai. Di negara bagian Washington lebih gokil lagi, pemerintah daerahnya kasih liquor atau minuman keras dan ganja buat yang sudah divaksinasi.

Langkah kaya gini perlu ditiru Indonesia, daripada memaksa orang vaksin dengan hukuman. Hadiah bisa disesuaikan sama kebutuhan daerah masing-masing.

Ibarat bank-bank, ngajak orang menabung dan buka rekening diiming-imingi hadiah mobil, motor, dan barang berharga lainnya.

Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi

RECOMMENDATION