Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
Next Video

Gunung Krakatau Meletus 2049 di Serial Loki, Mungkinkah Terjadi?

Serial Loki garapan Marvel Entertainment menyinggung Gunung Krakatau meletus di tahun 2049. Dialog terjadi di episode season 1 saat Loki sedangn membasah potensi bencana besar di dunia.

Pertanyaannya apakah benar akan terjadi?

Sebenarnya ada penjelasan ilmiahnya. Mungkin yang dimaksud Loki adalah letusan dahsyat Krakatau yang pernah terjadi tahun 1883. Erupsi gunung setara dengan 21.574 kali bom Hiroshima. Saking besarnya erupsi hingga berdampak ke perubahan cuaca di seluruh dunia.

Gunung Krakatau bisa meletus kapan saja, meski belum tentu akan sekuat tahun 1883. Gunung vulkanik yang terletak di Banten ini diketahui sangat aktif hingga perlu diwaspadai.

Menurut riset beberapa peneliti letusan besar Gunung Krakatau bisa terjadi antara tahun 2015-2083. Ini dihitung berdasarkan material vulkanik dari unsur kimianya. Peneliti menghitung mengacu pada perubahan basa ke asam yang disebut SiO2.

Saat letusan dahsyat tahun 1883, SiO2 yang ada pada material erupsi Krakatau mencapai 70%. Jika dibandingkan sekarang riset terakhir menunjukkan SiO2 mentok di angka 54,3% pada tahun 1994. Saat Anak Krakatau terbentuk kadarnya masih di angka 62%.

Meski perbandingannya dekat dengan 70% namun ilmuwan bilang bisa terjadi ratusan tahun kemudian.

Dari prediksi ini bukan rasa ketakutan yang diharapkan. Tapi gimana kita mempersiapkan diri maupun strategi mitigasi bencana jika letusana benar terjadi.

Jangan sampai tsunami akibat letusan Gunung Anak Krakatau 2018 yang timbulkan kerusakan dan banyak korban jiwa terjadi lagi.

Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi

RECOMMENDATION