Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
Next Video

Ngeband Dulu Nikah Kemudian

Di usia 19-20 tahun, para personel band metal Voice of Baceprot sudah didorong oleh keluarga untuk menikah. Di tempat asal mereka, Singajaya, Garut, Jawa Barat, umumnya, perempuan sudah menikah di usia muda. Tapi Mereka Memutuskan untuk ngeband dulu nikah kemudian.

Marsya, Siti, dan Widi, justru melawan arus pilihan hidup teman-temannya itu. Alih-alih berkomitmen dengan seseorang melalui pernikahan, mereka justru berkarya lewat musik. Buat mereka, jika tidak siap secara mental dan finansial, nikah di usia muda bisa berujung opresi dan perceraian. Trio ini percaya, melalui musik metal, hak dan kebebasan berekspresi mereka sebagai perempuan bisa terpenuhi. Selain itu, bila diseriusi, musik metal juga bisa menjadi profesi yang dapat membanggakan orang tua.

Namun, jalan mereka dalam meniti karier musik ini bukan tanpa halangan. Teror dan stigma negatif terhadap perempuan yang bermain musik metal, sempat mereka rasakan. Perilaku diskriminatif seperti ini, ibaratnya, berusaha mengembalikan perempuan ke ranah aktivitas domestik atau urusan rumah tangga saja.

5 komen yang paling masuk akal, solutif, gak nge-judge, yang bisa bikin perubahan akan di-pin. Nah, buat lo yang mau jadi narasumber di video Speak Up!, silakan hubungi OPINI.ID ya. Kuy, keluarin segala uneg-uneg lo tentang hal apapun yang selama ini susah lo ceritain!



Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi

RECOMMENDATION