Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Penegak Hukum Gak Patuh PSBB Saat Operasi Yustisi

Sebuah video viral memperlihatkan operasi yustisi psbb gak menjalankan protokol kesehatan dengan benar. Dalam video terlihat situasi pos penindakan pelanggaran terjadi kerumunan antara pelanggar dan penegak hukum. Lebih parahnya lagi ada penegak hukum yang gak benar pakai masker. Padahal razia bertujuan menindak warga yang gak benar pakai masker.

Kejadian ini diunggah oleh akun Instagram @evani_jesslyn. Saat ia konfirmasi ia becerita sempat merasa bingung dianggap melanggar protokol kesehatan hanya karena membuka masker sejenak di dalam mobil sendiri. Setelah disidang di tempat dan diberi tahu kesalahannya ia baru mengerti mobil juga bagian dari tempat publik wajib pakai masker. Namun yang membuat ia panik adalah kerumunan di pos penindakan.

"Pas di mobil kan sendirian, terus ditarik ke kerumunan. Sebenarnya akunya sendiri parno dan gak nyaman. Padahal parno banget sama pandemi ini," ujarnya kepada Opini.

Sejak video ini viral netizen menganggap penegak hukum berlebihan. Banyak yang berkomentar memakai masker gak wajib selama di mobil sendiri.

Epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono gak setuju kalau tindakan tegas penegak hukum dibilang lebay. Mereka hanya bekerja menegakkan aturan tanpa pandang bulu di lapangan. Ketika melihat masyarakat yang gak benar pakai masker langsung ditindak. Ini sebagai bentuk ketegasan supaya masyarakat gak bisa beralasan ketika ditindak hukum.

Pandu berpendapat pemakaian masker di dalam mobil jika sendiri memang minim risiko penyebaran Covid-19. Namun masyarakat perlu konsisten bermasker untuk supaya menciptakan kesadaran kolektif di masyarakat. Sehingga, masyarakat yang tidak memakai masker akan merasa malu.

 

 

LATEST