Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Apa Iya, Ganjil-Genap Redam COVID-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan ganjil genap adalah solusi untuk menekan aktivitas warga. Tapi apa iya ganjil-genap redam COVID-19?

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menilai, ganjil-genap cuma bikin masyarakat beralih ke transportasi umum. Gak buat pekerja berhenti berangkat ke kantor. 

Apalagi 62% dari 944 pasien yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet pengguna transportasi umum. Dalam 7 hari terakhir (9/9), positif rate COVID-19 DKI sangat tinggi dengan rata-rata berkisar 14%. Di mana angka tersebut hampir 3 kali lipat dari positif rate ideal yang ditetapkan WHO yaitu 5%.

Belum lagi, data kematian untuk DKI Jakarta smasih cukup tinggi. TPU Khusus COVID-19 Pondok Rangon melaporkan kalau kondisi lahan untuk makam mereka hanya bersisa 1100 lubang. Yang artinya kalo kondisi tetap kayak gini, stok lahan makam hanya bertahan hingga Oktober 2020.

Untungnya penerapan ganjil-genap saat ini sudah tidak lagi diberlakukan. Kini DKI Jakarta (10/9) telah menerapkan PSBB seperti awal lagi.

LATEST