Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Asal usul lomba 17an, Ini Sejarahnya

Perayaan 17 Agustus selalu diisi dengan acara perlombaan atau biasa kita sebut dengan lomba 17-an. Bentuk lombanya bisa apapun yang penting ramai, dilakukan oleh masyarakat secaea kolektif dan meriah. Sebenarnya dari mana sih asal usul lomba 17an?

Lomba 17an sudah ada sejak tahun 1950-an pasca kemerdekaan dan sekutu sudah cabut dari nusantara. Tiap 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan Indonesia rakyat sangat antusias untuk merayakan. Sebagai bentuk kegembiraan karena lepas dari penjajah.

Akhirnya, rakyat secara kolektif mengumpulkan semua warga dan bikin acara lomba. Selain lomba balap karung atau panjat pinang, warga juga mengadakan pentas seni budaya dan menyanyikan lagu mengheningkan cipta.

Perayaan 17-an era Orde Baru sempat mengalami modifikasi. Pemerintah saat itu menyuruh masyarakat untuk membangun sebuah gapura atau tugu sebagai simbol kemerdekaan. Peneliti menyebutkan ini bagian rencana rezim sebagai citra Indonesia negara yang maju, kuat dan kompak.

Hingga kini perayaan 17 Agustus banyak dilakukan dengan berbagai acara lomba. Apapun lombanya yang penting ikut merayakan kegembiraan dan merasakan perjuangan para pejuang kemerdekaan.

RECOMMENDATION