Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Kisah CEO Perempuan Pertama yang Melawan Amerika Serikat

Katharine Graham adalah perempuan istimewa. Dia menjadi CEO perempuan pertama yang memimpin salah satu perusahaan di daftar Fortune 500. Katharine juga adalah otak dibalik terbongkarnya Pentagon Papers. Adalah sebuah dokumen rahasia berisi kebohongan pemerintah atas Perang Vietnam. Seluruhnya terkuak oleh tulisan koran The Washington Post.

Kisah perjalanan suksesnya telah dipupuk sejak kecil dan menjadi tangguh juga karena kerasnya kehidupan rumah tangganya. Sempat menjadi jurnalis dan memutuskan pensiun karena menikah, namun tidak lama kembali menapaki karir di industri, bahkan menjadi bos The Washington Post.

Koran The Washington Post merupakan milik ayah Katharine, Eugene Meyer. Sepeninggal sang suami akibat bunuh diri, Katharine menjadi pimpinan manajemen sekaligus redaksi Washington Post. Sempat tidak percaya diri, namun keinginan kuat Katharine membuatnya belajar bisnis dan keredaksian. Dalam perjalanan waktu tangan dingin Katharina membuat Washington Post menjadi surat kabar berpengaruh di Amerika, sejajar dengan New York Times dan Wall Street Journal.

Penasaran cerita lengkapnya? Tonton cerita lengkapnya, dimulai dari Katharine muda, remaja, hingga menjadi panglima melawan Presiden Amerika Serikat kala itu Presiden Nixon pada kasus Watergate.

RECOMMENDATION