Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Jangan Berkonspirasi Di Ledakan Beirut Lebanon

Ledakan Beirut Lebanon baru terjadi kemarin dengan skala eksplosif yang besar. Dugaan teori konspirasi sudah muncul di berbagai sosial media seperti spekulasi ledakan akibat nuklir hingga sabotase dari Israel. Perlu dipahami, penyebab ledakan lebanon masih dalam penyelidikan. Dugaan sementara dari otoritas setempat mengatakan ini terjadi karena bahan kimia amonium nitrat.

Biarkan teori konspirasi mengalir deras di sosial media, tapi kita jangan sampai teralihkan untuk tetap berduka kepada Lebanon. Karena otoritas Lebanon sendiri menyatakan ini adalah bencana nasional sampai dijadikan Hari Berduka Nasional. Percayakan informasi kepada sumber-sumber yang kredibel.

Ledakan Beirut terjadi di sekitar distrik pelabuhan bisnis. Sejauh ini ledakan telah menewaskan 70 orang dan 3.000 orang luka-luka. Gedung-gedung vital seperti rumah sakit, musium dan tempat bisnis hancur. Rumah sakit yang tersisa juga kewalahan menangani pasien yang datang membludak.

Menteri Dalam Negeri Lebanon, Mohammed Fahmi mengatakan penyebab ledakan adalah 2.700 ton amonium nitrat terbakar di dalam gudang penyitaan. Bahan kimia ini sudah disimpan selama lebih dari 6 tahun dan diduga kurang pengawasan yang ketat hingga sebabkan ledakan. Ia bilang akan meminta pertanggung jawaban kepada pihak yang lalai jika penyebab ledakan karena kelalaian.

Ledakan besar ini membuat masyarakat Beirut merasa trauma. Traumanya sebanding dengan kerusakan perang saudara yang pernah menimpa mereka tahun 2000-an. Gubernur Beirut, Marwan Abboud sempat menangis karena gak tega melihat masyarakat terluka. Apalagi Lebanon juga sedang mengalami krisis Covid-19.

"Saya tidak pernah lihat ledakan sebesar itu. Ini bencana buat Lebanon. Kita harus saling menguatkan meski ini terlalu berat," kata Marwan diwawancara stasiun TV lokal.

Dukungan #prayforlebanon mencapai trending topics Twitter. Otoritas dunia juga banyak yang berduka dan siap mendukung Lebanon.

Harusnya kita berduka dan siap support Lebanon. Jangan dikit-dikit konspirasi.

RECOMMENDATION