Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Postingan Hoax Kue Klepon Haram Norak Banget

Kabar soal kue klepon haram norak banget. Setelah diselidiki Turn Back Hoax diduga informasi tersebut cuma pesan sampah alias spam. Karena sumber infonya berasal dari akun sosial media yang gak jelas. Postingan diduga punya tujuan untuk bikin masyarakat ricuh saja.

Gak cuma itu, menurut analis Drone Emprit dan Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, postingan spam ini diduga kuat merupakan resideu alias ampas dari kontestasi Pilpres. Makin norak kan? Masih aja kemakan sama isu 'kadrun vs cebong'.

Lagian, pola penyebaran spam kue klepon ini sama aja seperti hoaks dan spam sebelum-sebelumnya. Itu artinya masyarakat kita masih kemakan pola adu domba jadul. Harusnya, kita udah bisa membaca pola ini, bukannya malah kejebak sama lagu lama.

Menruut MUI, dalam islam tak ada istilah makanan syariah atau non-syariah. Yang ada adalah makanan halal dan haram. Lebih dari itu, istilahnya paling makanan halalan toyiban, alias halal dan baik. Dilihat dari sudut pandang orang awam pun, kue klepon jauh dari kesan haram atau tak islami. Masa, tepung beras, gula merah, kelapa parut, dan pandan bisa masuk kategori haram?

Harusnya dari kasus ini kita belajar supaya gak gampang kemakan postingan sampah. Soalnya, banyak banget makanan asli nusantara yang berpotensi di-twist supaya terkesan haram atau tak sopan. Contohnya; Memek Simelue dari Aceh, Es Jembut Kecabut, Kue Kontol Kejepit,sama Kue Tetek. Kalau sampai kita kemakan postingan sampah lagi, keterlaluansih noraknya.

LATEST