Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Korsel Dibantu Robot Cegah Corona

Sebuah robot mendekati para pengunjung di lobi kantor pusat operator seluler terbesar Korea Selatan, SK Telecom. Robot dengan LCD tersebut mampu memeriksa suhu mereka, mengeluarkan pembersih tangan dan mendisinfeksi lantai.

"Tolong ambil bagian dalam social distancing," kata robot putih itu dengan tegas tapi sopan mengingatkan tiga karyawan SK Telecom yang berdiri mengobrol di dekatnya.

Robot, yang dikembangkan bersama oleh SK Telecom dan Omron Electronics Korea, penyedia solusi otomasi industri, mentransmisikan data ke server secara real time, didukung oleh teknologi generasi kelima (5G) perusahaan telekomunikasi.

Robot tersebut dapat memicu alarm jika suhu seseorang di atas 37,5 derajat Celsius. Selain memperingatkan social distancing, robot ini juga bisa mendeteksi jika seseorang tak memakai masker.
"Robot membantu meminimalkan kontak orang ke orang dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk pemeriksaan suhu di pintu masuk dan teknologi AI meningkatkan akurasi" kata Ra Kyhong-hwan, kepala kerja sama bisnis data di SK Telecom dan salah satu pengembang .

Dipersenjatai dengan lampu ultraviolet dan dua penyemprot disinfektan, robot ini dapat mensterilkan 99% dari 33 meter persegi area permukaan dalam 10 menit.

 

LATEST