Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Darah Cacing Obati Corona?

Krisis ventilator yang terjadi di berbagai belahan dunia membuat banyak pihak memutar otak buat cari alternaitfnya. Di Prancis, ada yang coba obati sesak nafas yang biasa dialami pengidap COVID-19 dengan darah cacing laut. Hemarina, nama perusahaan teknologi itu, emang udah biasa budidayakan hewan yang dikenal punya hemoglobin 40 kali lipat lebih banyak dari manusia.
Hemoglobin sendiri emang ada di sel darah merah buat angkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Makanya Franck Zal, CEO Hemarina, berniat untuk menggunakan darah cacing laut untuk mengatasi kekurangan oksigen sebagai dampak dari sesak nafas. "Hemoglobin yang diekstrak ini bisa dibilang ventilator molekular. Soalnya dia ngasih oksigen gak lewat selang, tapi lewat molekul. Jadi pasien bisa bernafas lebih baik dan kebutuhan oksigen buat metabolisme terpenuhi", ujarnya.
Meski begitu, ide ini harus terlebih dahulu lolos uji klinis buat memastikan kalau beneran aman untuk manusia. Makanya sekarang lagi diujicoba ke pasien COVID-19 di 2 RS yang berlokasi di Paris. Semoga beneran sukses, ya. Biar nanti kita juga bisa pelajari ilmunya.

LATEST