Anjing Bisa Deteksi Corona | Opini.id
Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Anjing Bisa Deteksi Corona

Anjing emang terkenal punya kemampuan mengendus yang luar biasa dibandingkan dengan binatang lainnya. Makanya sebuah pusat pelatihan anjing di Inggris lagi berusaha melatih anjing-anjing mereka untuk mengendus virus corona di tubuh seseorang. Medical Detection Dogs (MDD) di Milton Keynes, Inggris emang udah biasa melatih anjing mereka untuk mendeteksi penyakit.

Kemampuan anjing untuk mendeteksi penyakit dari bau yang dihasilkan penderitanya emang bukan berita baru. Berbagai penelitian membuktikan kalau tiap penyakit bisa menghasilkan bau yang berbeda, begitu pula dengan COVID-19. "Kita tahu anjing punya kemampuan untuk mengendus dan belajar mengendus bau tertentu jadi jika COVID-19 punya bau yang khas, kita bisa melatih anjing untuk mendeteksinya," ujar James Logan, Professor London School of Hygiene & Tropical Medicine.

Meski begitu, MDD butuh waktu sekitar 6 minggu untuk melatih anjing-anjing mereka. Tapi jika sukses, penggunaan anjing buat deteksi virus corona bisa jadi alternatif buat rapid test yang dinilai ribet oleh banyak orang. Hmm, jangan-jangan ikan cupang di rumah kamu juga bisa deteksi penyakit. Coba deh, dilatih!

LATEST