Lockdown India Malah Kacau | Opini.id
Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Lockdown India Malah Kacau

Lockdown yang terjadi di India memaksa ribuan warga miskin di kota-kota besar buat pulang ke kampung halaman mereka. Padahal moda transportasi di sana udah gak beroperasi. Hasilnya? warga lebih memilih buat berjalan kaki ratusan kilometer ke kampung halaman mereka daripada harus kelaparan karena gak bisa bekerja di kota besar. Pemerintah India emang nyatakan lockdown selama 3 minggu buat cegah penyebaran virus corona. Insiden ini jadi bukti kalau lockdown ini minim persiapan.

Pada Minggu (29/3), Modi meminta maaf kepada rakyat India atas kesulitan yang ditimbulkannya. Dia menyadari bahwa tindakannya membuat namanya buruk di mata masyarakat.

"Pertama saya ingin meminta maaf kepada seluruh rakyat. Warga miskin pasti berpikir perdana menteri seperti apa ini, yang membuat kami dalam masalah besar," kata Modi seperti dilansir Kumparan.

Tanda pagar #ModiMadeDisaster trending di Twitter India pada Minggu. Kematian akibat mudik juga terjadi. Pada Sabtu, empat warga tewas tertabrak truk ketika mereka jalan kaki di negara bagian Maharashtra. Seorang pria pada Sabtu meninggal dunia karena kelelahan berjalan kaki 200 kilometer untuk mudik.

Modi menegaskan bahwa langkah lockdown diperlukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang saat ini sudah menjangkiti 1.024 orang dan menewaskan 27 orang di India. Pemerintah Indonesia harus belajar dari kesalahan India. Kalau beneran mau lockdown, pastikan kebutuhan pokok warga selalu tersedia.

LATEST