Antisipasi Corona Di Negara Lain | Opini.id
Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Antisipasi Corona Di Negara Lain

Description: Setiap negara punya cara sendiri buat hadapi pandemi corona. Hmm, apa aja yang bisa kita pelajari dari mereka. Cina misalnya, mereka gak ragu-ragu me-lockdown berbagai kota di provinsi Hubei, terutama kota Wuhan yang jadi asal kemunculan novel coronavirus. Menurut laporan The Washington Post, protokol lockdown secara ekstrim yang dilakukan oleh pemerintah China merupakan kunci sukses mereka dalam menekan persebaran kasus. Lockdown yang dilakukan pemerintah China di Wuhan dan provinsi Hubei merupakan salah satu isolasi total yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Italia yang jadi negara terdampak terparah juga berlakukan, walaupun banyak dianggap terlalu longgar. Selain itu, mereka juga kenakan denda bagi warga yang melanggar aturan lockdown ini. Serupa dengan Italia, Australia dan Selandia Baru juga kenakan denda pada warganya. Meski begitu, mereka belum berlakukan lockdown alias masih di tahap isolasi sukarela.

Korea Selatan bisa jadi contoh lain bagaimana suatu negara dapat menekan persebaran virus corona. Negeri Gingseng tersebut melakukannya dengan lebih demokratis, di mana mereka sama sekali tidak menerapkan protokol lockdown maupun intervensi negara yang terlampau besar.

Korea Selatan dilaporkan dapat menekan laju infeksi virus corona melalui tindakan cepat, pengujian luas dan pelacakan kontak, dan dukungan kritis dari warga. Apa yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan kemudian mendapat pujian dari Director General WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada 18 Maret lalu.

Sementara itu, Kepolisian India mempunyai cara brutal namun efektif dalam mencegah warga untuk keluar rumah di saat lockdown karena virus corona. Cara tersebut adalah memukuli para pelanggar lockdown dengan kayu. Dari berbagai metode yang diterapkan negara-negara di seluruh dunia tadi, menurutmu yang paling cocok buat diterapin di Indonesia yang mana?

LATEST