Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Kapan Kita Harus Cek Corona?

Gejala Covid-19 sulit hampir mirip dengan flu biasa dan sulit dibedakan. Saat kita terinfeksi virus Sars-Cov2 juga belum tentu menimbulkan gejala sakit seperti sesak napas dan demam. Kalau kondisinya seperti ini jadi sulit menentukan kapan harus ke dokter.

Waktu yang tepat memeriksa diri ke dokter apakah tubuh kita terinfeksi virus corona saat sudah merasakan gejala berat seperti sesak napas dan pneunmonia.

Virus corona memang bisa menyerang siapa saja, perlu waktu virus tersebut untuk bisa menguasai tubuh kita. Pertama adalah proses inkubasi. Tahap ini saat virus sedang berusaha masuk ke dalam tubuh kita. Reaksi yang muncul dari tubuh biasanya bersin, batuk-batuk kecil. Ini adalah saat imun tubuh berusaha melawan virus sejak dini.

Kalau virus berhasil masuk ke dalam tubuh, imun pun masih melawan. Muncul gejala ringan seperti demam, sakit tenggorokan dan batuk-batuk. Imun sedang melawan virus secara intens. Karena sedang berperang tubuh bereaksi munculkan senyawa kimia yang membuat badan kita kurang fit. Tak harus ke dokter jika merasakan ini. Bisa diupayakan dengan konsumsi vitamin dan istirahat yang cukup agar kondisi tubuh fit dan imun tetap kuat.

Yang perlu dikhawatirkan adalah ketika masuk pada gejala berat. Imun tidak kuat melawan virus, akhirnya tubuh jadi meradang, dalam kasus Covid-19 yang diserang adalah paru-paru. Paru-paru mengalami peradangan yang akibatkan ganggua pernapasan. Ini disebabkan oleh gelembung paru-paru tertutup lendir.

Jadi perlu banget jaga kesehatan. Lebih baik periksa ke dokter untuk ketahui kondisi tubuh.

LATEST