Vaksin COVID-19 Lagi Disiapin | Opini.id
Next Video

Vaksin COVID-19 Lagi Disiapin

COVID-19 emang belum ada obatnya, jadi perkuat kekebalan tubuh jadi satu-satunya kesempatan yang kita punya. Kekebalan ini juga bisa diperoleh dari vaksin, makanya banyak negara pada berlomba bikin vaksin COVID-19. Secara tradisional, vaksinasi didapatkan dengan menggunakan bentuk virus hidup yang telah dilemahkan. Biasanya virus dibuat lemah atau nonaktif melalui panas atau bahan kimia.
Meski demikian, metode tradisional ini memiliki kelemahan. Sebabnya, bentuk virus yang hidup dapat terus berevolusi dalam inang. Hal tersebut berpotensi mengakibatkan inangnya mengalami sakit.

Oleh karena itu, menurut laporan The Guardian, diperlukan dosis yang besar dari virus yang tidak aktif untuk mencapai tingkat perlindungan yang diperlukan. Beberapa proyek vaksin COVID-19 menggunakan pendekatan tradisional, tetapi yang lain menggunakan teknologi dan metode yang lebih baru.

Lantas, kapan kira-kira vaksin COVID-19 ada? Menurut Annelies Wilder-Smith, profesor penyakit menular baru di London School of Hygiene dan Tropical Medicine, vaksin bisa jadi baru siap pada tahun 2021.

"Seperti kebanyakan ahli vaksinologi, saya tidak berpikir vaksin ini akan siap sebelum 18 bulan," kata Wilder-Smith, dikutip dari The Guardian.

Senada dengan Wilder-Smith, direktur US National Institute of Allergy and Infectious Diseases, Anthony Fauci, juga menyebut bahwa vaksin COVID-19 bisa jadi belum akan tersedia dalam waktu dekat. Fauci memperkirakan bahwa vaksin COVID-19 baru siap pada 12 hingga 18 bulan ke depan.

Karena dibutuhkan waktu yang lama biar vaksin ini siap, ada baiknya kamu tingkatkan sendiri imunitas tubuhmu. Jangan lupa juga buat #dirumahaja

Fresh