Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Ibuprofen Potensi Perparah Corona

Kalau kamu atau orang terdekatmu alami demam dan gak sempat ke dokter di tengah pandemi Covid 19 ini, ada baiknya kamu gak ngobatin pakai obat yang mengandung ibuprofen dulu. Pasalnya, WHO keluarkan rekomendasi pada warga dunia agar gak konsumsi ibuprofen karena berpotensi perparah sakit yang ditumbulkan virus corona. Juru bicara WHO, Christian Lindmeier berkata, pihaknya sedang menyelidiki apakah obat ibuprofen berbahaya bagi pasien virus corona atau tidak.

Anjuran WHO untuk hindari ibuprofen muncul setelah Menteri Kesehatan Prancis, Olivier Veran, menyebut ibuprofen dan kortison berbahaya bagi COVID-19. Veran mendasari pernyataannya berdasarkan jurnal medis The Lancet, yang sebut obat antiinflamasi memiliki enzim yang dapat memperburuk infeksi SARS-CoV-2.

Ibuprofen merupakan salah satu obat di dalam kelompok obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau nonsteroidal anti- inflammatory drugs (NSAIDs). Obat ini sering digunakan untuk mengobati demam, salah satu gejala paling umum dari infeksi virus corona jenis baru. Meski begitu, klaim kalau Ibuprofen perparah Covid 19 ini gak 100% benar. Masih harus melalui berbagai tes. Tapi mending cari aman dulu kan, daripada tar kenapa-kenapa?

LATEST