Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

TikTok Challenge Bisa Kena Corona

Di saat banyak orang takut ama penyakit Covid 19 yang melanda dunia, ada aja orang yang jadiin wabah ini mainan. Gak cuma mereka yang malah liburan pas disuruh social distancing aja, ada juga yang malah jadiin wabah ini sebagai TikTok challenge. Coronavirus challenge namanya, challenge yang ngajakin orang buat menjilat benda yang berpotensi jadi tempat penularan virus corona.

Ajakan ini pertama kali diunggah pengguna Tiktok bernama Ava Louise. Pada 15 Maret lalu, dia mengunggah video menjilat dudukan toilet di pesawat lengkap dengan caption #CoronavirusChallenge. Unggahan Louise pun menjadi viral di berbagai platform media sosial selain Tiktok. Aksi Louise kemudian diikuti oleh pengguna Tiktok lain. Pengguna Tiktok @elibosque, misalnya, menunjukkan video tandingan #CoronavirusChallange dengan menjilat gagang pintu.

Aksi ini tentu bisa benar-benar membuat virus corona makin menyebar. Laporan Journal of Hospital Infection pada Februari 2020, misalnya, menyebut bahwa virus tersebut dapat bertahan hidup di benda mati selama 9 hari, jika berada dalam suhu ruangan. Penularan virus juga biasanya terjadi secara tidak disadari jika droplet (air liur) penderita virus menempel di medium yang biasa digunakan bersama-sama, misalnya gagang pintu atau toilet, yang menjadi objek tantangan. Mau ikutan challenge bodoh sih boleh aja, tapi masalahnya yang bakal jadi korban nanti kemungkinan gak cuma pelakunya tapi juga orang-orang di sekitarnya.

LATEST