Empon-empon Tangkal Corona? | Opini.id
Next Video

Empon-empon Tangkal Corona?

Selain masker dan hand sanitizer, empon-empon jadi sesuatu yang banyak dicari di tengah maraknya pemberitaan wabah virus corona. Tapi emang iya empon-empon atau tanaman jenis rimpang itu efektif tangkal infeksi virus coronanya. Jawabannya sih bisa aja, guys. Soalnya udah dikonfirmasi sama pakar tanaman herbal di Indonesia, salah satunya Hardhi Pranata.

Seperti dilansir Tirto, Hardhi yang juga merupakan ketua umum PHDMI (Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia) ini menyebutkan, "Jahe dan kurkuma ini membantu membentuk antibodi, ada komponen asam amino. Itu yang menahan serangan yang namanya virus, termasuk Corona." Meski begitu, ia juga menambahkan kalau kekebalan gak akan langsung datang melalui konsumsi dadakan. Harus dibangun selama seenggaknya 3-6 bulan hingga 1 tahun.


Secara klinis, emang belum ada penelitian yang membuktikan keampuhan empon-empon menangkal virus corona. Tapi tetap gak ada salahnya tingkatkan imunitas tubuh di tengah wabah global kayak gini. Cuma ya jangan latah. Kayak yang udah disebutin tadi, kekebalan itu gak dibangun dalam semalam. Lagian ini juga jadi bukti betapa saktinya obat herbal tradisional khas Indonesia.

Fresh