Bocah Ular Dari India | Opini.id
Next Video

Bocah Ular Dari India

Seorang bocah asal Ganjam India jadi sensasi karena kondisi kulit yang dialaminya. Jagannath, nama bocah itu, alami kondisi genetik langka bernama lamellar ichthyosis yang bikin kulitnya tumbuh terlalu cepat. Akibatnya, kulitnya pun juga cepat melalui proses pengeringan dan terkelupas tiap 4-6 minggu sekali. Inilah yang bikin kulit Jagannath jadi mirip sisik layaknya ular.


Kondisi ini paksa Jagannath buat mandi tiap sejam sekali biar kulitnya gak terlalu kering. Selain itu, ia juga pakai pelembab tiap 3 jam sekali. Jagannath juga gak bisa berjalan dengan normal karena kulitnya jadi terlalu kencang. Alhasil, ia harus regangkan dulu tangan dan kakinya pakai tongkat.

Lamellar ichtyosis sendiri merupakan kelainan genetik yang sangat langka. National Organisation for Rare Disorders, sebuah organisasi penyakit langka nasional, prediksi kalau hanya ada 1 dari 200.000 orang yang alami kelainan ini.

Selain itu, kelainan ini juga gak bisa disembuhkan, hanya bisa diredakan melalui perawatan. Meski begitu, sang ayah yang hanya bekerja sebagai buruh tani gak mampu biayai pengobatan model ini. Prabhakar Pradhan, nama sang ayah, pun hanya bisa meratapi nasib putranya. Walau terbilang unik, tapi kasihan juga sih sebenarnya nasib si Jagannath. Semoga ada yang bantu pengobatannya, ya!

Fresh