Muslim Australia Peduli Karhutla | Opini.id
Next Video

Muslim Australia Peduli Karhutla

Di saat kebakaran hutan dan lahan makan banyak korban, komunitas di Australia ini justru berbuat hal mengejutkan. Mereka ramai-ramai kumpulkan sumbangan buat para korban. Komunitas ini tergabung di Australian Islamic Centre di Newport, Victoria, Australia. Selain ngumpulin sumbangan, mereka juga berangkat sendiri ke lokasi terdampak pakai 5 truk berisi penuh makanan dan minuman.

Selain membagi-bagikan sumbangan, mereka juga membantu para petugas damkar yang kelelahan memadamkan api. Caranya dengan membangun posko buat menyiapkan makanan dan minuman buat mereka. Sebelumnya, komunitas ini menggunakan media sosial untuk menggalang dana. Selain itu, mereka juga berjualan makanan sehabis salat Jumat yang hasil penjualannya buat disumbangkan. Mereka sukses kumpulkan dana sebesar 1.500 US $ atau setara kira-kira Rp 20 juta.


Karhutla di Australia sendiri merupakan yang terburuk sepanjang sejarah. Selain menimbulkan kerugian materi hingga 485,59 juta US $ atau setara kira-kira Rp 7 triliun, karhutla ini banyak makan korban jiwa dan bunuh berbagai satwa langka. Di tengah-tengah amukan api seperti ini, emang yang bisa bikin adem cuma kebaikan hati dari orang-orang yang peduli.

Fresh