Polisi Boongan Biar Patuh Lalin | Opini.id
Next Video

Polisi Boongan Biar Patuh Lalin

Ada-ada aja cara kepolisian kota Bangalore, India buat bikin warganya tertib berlalu lintas. Mereka pakai polisi boongan buat stand by di lokasi-lokasi yang banyak dilalui pengendara. Polisi boongan ini sebenarnya hanyalah boneka manekin yang didandanin pakai baju polisi lalu lintas. Tapi boneka ini ternyata gak cuma buat sekedar nakut-nakutin. "Warga akan jadi disiplin, tapi begitu mendekat mereka akan sadar kalau ini cuma manekin. Hari selanjutnya mereka akan coba melanggar aturan karena mereka tahu itu cuma manekin. Padahal, kita bakal ganti manekin ini jadi polisi beneran," ujar B.R. Ravikanthe Gowda, Komisioner Polisi Gabungan Bangalore.


Strategi kepolisian setempat ini bikin pro dan kontra. Beberapa warga mengakui kalau mereka jadi tertib berlalu lintas karena takut sama polisi-polisi gadungan ini. Meski begitu, ada juga warga yang skeptis dan ngerasa kalau cara ini gak bikin pelanggar lalu lintas jadi turun drastis. Di sisi lain, banyak warga yang merasa lucu sama strategi pihak kepolisian ini. Mereka sampai ramai-ramai selfie sama polisi gadungan ini.
Nah, kalau di Indonesia gimana ya? Kira-kira cara ini bisa bikin warga kita disiplin berlalu lintas apa gak? Tahu sendiri kan warga kita juga suka parno ama polisi. Apalagi kalau ditaruhnya di jalur busway. Bisa-bisa pada putar balik semua.

Fresh