Hewan Juga Perlu Hidup Sejahtera | Opini.id
Next Video

Hewan Juga Perlu Hidup Sejahtera

Kasus kekerasan terhadap hewan sering terjadi di Indonesia. Baru-baru ini di Yogyakarta seekor kucing dipaksa minum ciu, minuman kadar alkohol tinggi asal Jawa Tengah. Pelaku memamerkan perilakunya di sosial media tanpa ragu.

Namun bentuk kekerasan tak hanya menyerang fisik secara langsung, beberapa waktu lalu juga ada kejadian penelantaran anjing oleh pemiliknya di Bekasi hingga anjing tersebut mal nutrisi.

Melanie Subono, aktivis sekaligus musisi berpendapat kekerasan terhadap hewan sering terjadi di Indonesia karena penegakan hukum satwa yang masih lemah. Khusus untuk hewan domestik seperti kucing dan anjing belum secara spesifik melindunginya. Ada aturan yang bisa dipakai untuk menjerat pelaku kekerasan hewan. Namun, ada faktor lain penegak hukum banyak yang kurang mengerti hukum apa yang harus dipakai untuk menjerat pelaku kekerasan hewan.

Bagaimana pendapat Melanie Subono mengenai penegakan hukum dan perlindungan hak asasi binatang di Indonesia? Ataukah sebenarnya kita gak perlu hukum untuk sadar tak perlu menyakiti hewan?

Fresh