Teroris Mau Rekrut Wibu? | Opini.id
Next Video

Teroris Mau Rekrut Wibu?

Menko Polhukam Wiranto baru aja ngalami kejadian gak mengenakkan saat kunjungan kerja di Pandeglang, Banten. Ia ditusuk oleh pria yang menganut paham radikal ISIS.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi membenarkan bahwa pisau belati yang digunakan untuk menusuk Wiranto dan mengakibatkan tiga orang lainnya terluka bentuknya mirip kunai, pisau lempar yang biasa digunakan oleh Ninja.

"Bentuknya seperti pisau, ada bulatan di ujungnya. Kunai," ujar Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi, ditemui di Mapolsek Menes, Kamis (10/10/2019) seperti dilansir Liputan6.

Kunai sendiri merupakan salah satu senjata ninja asal Jepang yang paling populer. Salah satu sebabnya karena banyak dipakai oleh karakter di serial anime Naruto. Dilansir dari buku 'Classical Weaponry of Japan: Special Weapons and Tactics of the Martial Arts' oleh Sergei Moi, kunai sebenarnya perkakas sehari-hari untuk menggali, mirip cetok atau sekop, tapi berbentuk datar. Kunai juga bisa bisa ditancapkan di dinding supaya bisa dipanjat.

Kunai besar berukuran 35 hingga 48 cm disebut sebagai 'daikunai'. Sedangkan kunai kecil berukuran 18 cm disebut sebagai 'shokunai'. Namun pada perkembangan selanjutnya, kunai menjadi senjata tajam mirip pisau, meski tidak setajam pisau. Kunai ini bisa digunakan sebagai senjata lempar. Bila digunakan sebagai senjata lempar, maka lubang gagang kunai akan diberi kuncir supaya lemparan lebih stabil.

Buku 'Battle for Power' karya Kazuo Koike menjelaskan kunai sudah digunakan sejak era Tensho abad ke-11 Masehi. Kunai bisa digunakan ninja yang sehari-hari bekerja sebagai tukang kebun tanpa dicurigai siapa pun, karena kunai pada awalnya memang perkakas berkebun.

Kunai yang dipakai untuk menusuk Wiranto berbentuk lancip di ujungnya. Gagangnya dililit tali merah dengan ujung bundar berlubang. Di toko-toko online, kunai seperti ini banyak dijual secara bebas namun gak tajam karena biasa dipakai sebagai mainan. Hmm, jangan-jangan pelakunya beli di salah satu toko online terus diasah sendiri biar tajam. Kreatif sih, tapi jangan main bunuh orang dong!

Fresh