Kabut Asap Riau Makin Gawat | Opini.id
Next Video

Kabut Asap Riau Makin Gawat

Viral sebuah video seorang wanita pengendara motor mengalami sesak napas dan hampir pingsan karena kabut asap di Dumai, Riau. Menurut relawan kesehatan yang menolong perempuan tersebut sesak napas karena kabut asap memperparah asma yang diidapnya.

Gak cuma seorang pengendara motor di jalan saja yang sudah jadi korban kabut asap. Mahasiswi Universitas Riau mendadak pingsan saat melakukan aksi demo di depan kantor Gubernur Riau mengenai kabut asap Kamis lalu. Aktivitas pendidikan juga terhenti sementara karena kabut gak sehat untuk siswa dan mahasiswa.

Dinas Kesehatan Riau mencatat warga yang mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut mencapai 39,277 orang di seluruh Riau. Jumlah ini berdasarkan catatan dari bulan Agustus sampai September yang terus alami peningkatan.

Kualitas udara di Provinsi Riau memang berada di ambang tidak sehat. Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang terpampang di beberapa kota di Riau menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Kota Dumai sudah mencapai 300-an, Pekanbaru 200-an dan lainnya. Sebagai gambaran indeks 100-200 dikategorikan 'Tidak Sehat'. Angka 200-300 'Sangat Tidak Sehat'. Dua kategori ini sudah mengancam anak-anak dan ibu hamil untuk beraktivitas diluar. Karena kualitas udara yang buruk.

Kabut asap yang melanda beberapa kota besar di Riau terjadi karena kebakaran hutan dan lahan baik di Riau maupun provinsi sekitarnya seperti Jambi dan Sumatera Selatan. Angin membawa asap karhutla dari Jambi dan Sumatera Selatan ke Riau.

Pemerintah setempat belum menanggulangi kabut asap yang sudah terjadi selama berbulan-bulan dan berdampak ke masyarakat. Justru Syamsuar Gubernur Riau memilih dinas ke Thailand.

Komentar
Fresh