Intip Lokasi Ibu Kota Baru | Opini.id
Next Video

Intip Lokasi Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi udah menyatakan buat memindahkan ibukota dari Jakarta ke sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara pada bulan Agustus lalu. Update terbaru, pembangunan ibu kota ini bakal jalan mulai tahun depan. Penentuan lokasi pemindahan ibu kotapun telah melewati berbagai pertimbangan, di antaranya minim resiko bencana alam, dekat dengan dua kota besar yaitu Balikpapan dan Samarinda, infrastruktur yang cukup memadai serta tersedianya lahan seluas 180.000 hektar yang berstatus milik pemerintah.


Proses pembangunan ibu kota negara, menurut Menteri PPN (Perencanaan Pembangunan Nasional) Bambang Brodjonegoro, akan mulai berlangsung tahun 2020 tepatnya di wilayah Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara. Kedua kecamatan ini berbatasan langsung dan memiliki ciri khas yang mirip, yaitu kepadatan penduduk yang terletak di pinggir jalan utama serta dikelilingi hutan.


Kawasan Samboja dan sepaku memang dikelilingi oleh hutan termasuk hutan lindung dan hutan konservasi seperti Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto dan Hutan Konservasi Bukit Bangkirai, maka tak heran, masih dapat dijumpai satwa-satwa liar di kawasan tersebut. Selain itu juga banyak lokasi-lokasi tambang baik yang aktif maupun yang sudah selesai dieksploitasi.
Kondisi lingkungan di area ibu kota baru itu juga yang menjadi perhatian pemerintah. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menegaskan pemindahan tersebut tidak akan merusak lingkungan. "Presiden memberikan arahan kepada saya bah dalam penyiapan pemindahan ibu kota ini justru kita sekaligus memperbaiki kawasan tahura dan kawasan-kawasan konservasi,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya.


Namun, yang terpenting, pemindahan ibu kota diharapkan dapat mengerek laju ekonomi dan pembangunan di Kalimantan khususnya di Kalimantan Timur. Harapan ini diwakili oleh ungkapan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Masud, "Insha Allah akan terjadi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya seperti dilansir Antara. Yah, semoga ibu kota yang baru ini bisa lebih baik dari ibu kota kita yang sekarang, ya!

Komentar
Fresh