Saling Ngalah Saat Ibadah | Opini.id
Next Video

Saling Ngalah Saat Ibadah

Gereja Katedral Jakarta mengundurkan jadwal misa paginya karena bertepatan dengan perayaan Idul Adha umat muslim. Misa yang biasanya dilakukan pukul 06.00 WIB dimundurkan oleh pihak gejera menjadi pukul 10.00 dan 12.00. Upaya ini sengaja dilakukan sebagai bentuk penghormatan karena umat muslim sedang menunaikan ibadah solat Idul Adha di masjid Istiqlal.

Pihak gereja juga sengaja melakukan pengunduran jadwal ibadah agar tidak terjadi penumpukan massa dan kemacetan di jalan antara Masjid Istiqlal dan Katedral.

Mereka juga memberi kesempatan lebih dengan persilahkan umat muslim parkirkan kendaraannya di halaman Katedral.

Gak cuma Gereja Katedral Jakarta saja yang 'mengalah' saat perayaan Idul Adha ini. Gereja Kristen Jawa Joyodiningratan, Solo, Jawa Tengah melakukan hal serupa guna memberi kesempatan umat muslim beribadah. Mereka mengundur semua jadwal misa pagi menjadi lebih siang agar umat muslim bisa solat di depan jalan gereja dan Masjid Al Hikmah yang berdempetan.

Komunikasi antara dua tempat ibadah umat yang berbeda ini sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun yang lalu. Sejak masjid dan gereja ini didirikan tahun 1939 belum pernah ada masalah intoleransi yang mengganggu kerukunan antar umat.

Menurut pengakuan pengurusa Masjid Al Hikmah, masjid juga pernah mengalah saat perayaan Natal dan Maulid Nabi bersamaan. Pengajian Maulid Nabi harus dimajukan agar tidak saling berebut wilayah ibadah karena lahan yang terbatas.

Suara azan saat perayaan natal juga dikecilkan volumenya. Serta ngaji sebelum azan ditiadakan mengingat umat kristen sedang merayakan hari besarnya.

Kerukunan dan toleransi seperti ini harus dijaga untuk saling menghormati ibadah antara umat beragama. Karena pada dasarnya seluruh umat beragama berhak melakukan kewajiban ibadahnya dengan tenang.

Komentar (2)
Fresh