Mati Lampu Kita Terparah Sedunia? | Opini.id
Next Video

Mati Lampu Kita Terparah Sedunia?

Hayo, siapa dari antara kamu yang kemarin KZL gara-gara daerahmu ikutan kena mati lampu massal? Walau ngeselin, tapi ternyata mati lampu kita kemarin masih bukan yang terparah sedunia. Dari segi jumlah korban, Blackout atau listrik padam total yang terjadi di India pada 30-31 Juli 2012 menjadi yang terburuk sejauh ini dalam sejarah.

Sekitar 670 juta orang, yang merupakan sekitar 9 persen dari populasi dunia, turut terdampak akibat listrik padam tersebut. Menteri Energi India, Sushil Kumar Shinde, menuding sejumlah negara bagian yang mengambil kuota listrik lebih dari batas nasional sebagai penyebab utama padamnya listrik tersebut. Namun, Anil K. Gupta, ketua perusahaan listrik Utter Pradesh, satu dari negara bagian yang turut disalahkan, menyebut ''tidak ada alasan untuk mempercayai'' pemadaman terjadi akibat salah mereka dan meminta ''penyelidikan lanjutan untuk mengungkap penyebab sesungguhnya.'' Padamnya listrik berskala raksasa tersebut juga menyebabkan jaringan transportasi terhenti dengan ratusan perjalanan kereta terlantar dan pasukan air terputus. Banyak lampu pengatur lalu lintas padam dan membuat kemacetan mengular di mana-mana.

Di negara bagian Benggala Barat, sekitar 200 penambang terjebak di tiga poros batu bara yang memiliki kedalaman 700 meter (3.000 kaki) karena kereta angkutnya mati, kendati akhirnya berhasil diselamatkan. Di Delhi, layanan Metro dihentikan dan para pekerja mengevakuasi kereta. Selain itu wilayah tersebut juga mengalami kondisi lembab hingga 89 persen. Di Kolkata, stasiun-stasiun kereta api di Kolkata dibanjiri dan lalu lintas macet di jalan-jalan setelah kantor-kantor pemerintah tutup lebih awal di kota pantai yang berpenduduk 5 juta orang itu. Bahkan karena insiden listrik padam tersebut pula banyak krematorium yang berhenti beroperasi, sehingga beberapa jasad dibiarkan setengah terbakar sebelum dipindahkan ke tungku kayu. Kalau gini, mati lampu kayak gini jangan sampai terjadi lagi. Soalnya bisa jadi nyawa taruhannya, coy!

Komentar
Fresh