Jemaah Haji Corat-Coret | Opini.id
Next Video

Jemaah Haji Corat-Coret

Coretan-coretan di dinding menghiasi tempat-tempat bersejarah di Kota Madinah. Salah satunya di masjid Abu Bakar Ash Sidiq banyak terdapat coretan yang dibuat oleh spidol mau pun tip-ex. Semakin miris ketika mendapati coretan-coretan itu bertuliskan nama-nama yang familiar di tanah air.

Di antaranya tulisan tersebut berbunyi: Arif Maulana, Saepul Anwar, Siti Sumirah, atau Kusmianto dan Istri Anak. Tidak diketahui siapa pelaku dan kapan coretan itu dibuat. Coretan-coretan semacam ini banyak terdapat di situs bersejarah di tanah suci, terutama di wilayah yang tidak dijaga polisi atau askar. Coretan semacam ini banyak juga di sekitar gua hira, Mekkah.

Kepala Daerah Kerja Madinah di Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Akhmad Jauhari, mengimbau jemaah Indonesia tidak mencoret-coret situs bersejarah di tanah suci. Hal ini, kata dia, bisa mempermalukan bangsa. Namun, masih banyak saja yang melakukan vandalisme ini.

Tempa-tempat yang dikotori tersebut memang tidak memiliki pengelola sehingga pengawasannya kurang baik. Namun tindakan buruk bisa menuai teguran untuk penyelenggara ibadah haji dari Indonesia.

Komentar (1)
Fresh