Asal Usul Kata Betawi Dari Tai | Opini.id
Next Video

Asal Usul Kata Betawi Dari Tai

Banyak versi sejarah bagaimana terbentuknya kata Betawi yang mendefinisikan masyarakat asli Jakarta. Salah satu yang paling menarik adalah cerita dari penjelajah asal Belanda bernama Johan Nieuhoff dalam catatan perjalanannya di Nusantara berjudul Die Gesantschaft der Ost-Indischen Geselschaft in den Vereinigten Niederlaendern an Tartarischen Cham (1669).

Dalam karyanya tersebut kata Betawi ada kaitannya dengan 'tai' manusia. Johan bercerita kegagalan gempuran pasukan Mataram di salah satu benteng Batavia menjadi cikal bakal kata Betawi. Saat itu pasukan Mataram dipukul mundur oleh penjaga benteng yang hanya memiliki penjaga sekitar 15 orang.

Pasukan penjaga benteng habis-habisan melawan pasukan Mataram yang terlampau banyak hingga peluru mereka habis. Tak hilang akal mereka inisiatif melempar tinja manusia ke arah pasukan yang terus menyerang.

Tak disangka ternyata upaya ini berhasil. Pasukan Mataram yang bersuku Jawa Melayu menggerutu 'Mambet ta(w)i, mambet ta(w)i' dalam bahasa Indonesia 'Bau tai, bau tai'. Dan mereka menyumpah 'O seytang orang Hollanda de bakkalay samma tay' yang artinya 'O, Belanda setan, kelahi pake tahi'.

Gempuran itu sangat disesalkan oleh pasukan Mataram hingga cerita fenomenal tersebut sampai di kerajaan. Mereka sempat menjuluki Batavia sebagai 'Kota Tai' karena peristiwa tersebut.

 

Komentar (4)
Fresh