Tawon Pembunuh Muncul Di Jakarta | Opini.id
Next Video

Tawon Pembunuh Muncul Di Jakarta

Tawon Vespa Affinis yang sengatannya menyebabkan kematian tujuh orang di Klaten, Jawa Tengah disebut wajar bila ditemukan di DKI Jakarta. Peneliti Biologi LIPI Rosichon Ubaidillah mengatakan, tawon Vespa Affinis memang kerap ditemui di wilayah sub-tropis, termasuk Jakarta.

"Vespa Affinis penyebarannya cukup luas, hampir subtropics Asia bisa ditemukan, termasuk Jawa. Sangat mungkin ditemukan di Jakarta," kata Rosichon

Rosichon menuturkan, serangga tersebut banyak ditemukan di semak-semak dan membuat sarang di rumah-rumah kosong atau tempat yang aman untuk mereka. Ia menjelaskan, Vespa Affinis merupakan serangga yang bersifat predator. Apabila merasa diserang, serangga itu juga bisa memanggil tawon-tawon lainnya untuk menyerang balik sasarannya.

"Perilaku menyengat berbeda dengan lebah madu. Kalau lebah madu satu individu hanya sekali menyengat dan sengatnya tertinggal di tubuh mangsa. Kalau Vespa satu individu, bisa menyengat berkali-kali," kata Rosichon.

Ia pun mengimbau warga untuk tidak mengganggu tawon Vespa Affinis atau sarangnya demi menghindari sengatan hewan tersebut.

Komentar (2)
Fresh