Bikin Produk Gak Cuma Sekali Pake Buang | Opini.id
Next Video

Bikin Produk Gak Cuma Sekali Pake Buang

Menempuh pendidikan tinggi arsitektur tak lantas membuat Adi Reza mikirkan karir sebagai arsitek. Bersama teman-temannya, justru dia menemukan "karir" baru yang bisa menyelamatkan dunia. Lewat teknologi jamur hasil backlog atau sisa medium pertanian jamur tiram, Adi mampu menghasilkan produk substitusi bata, papan, bahkan kulit.

"Ternyata jamur, mycelium itu bisa menjadi perekat alami dari bahan partikel board yang menyerupai partikel board. jadi kita bisa memanfatkan limbah pertanian dimana saja di seluruh pelosok Indonesia, atau bahkan di belahan negara lain yang kemudian kita rekatkan menggunakan jamur," cerita Adi Reza kepada Opini.id

Diharapkan produk Mycotech bisa memberi solusi, yang sebelumnya tidak dipikirkan banyak orang. Jadi fokusnya bukan keuntungan semata, tapi juga memberi dampak sosial dan lingkungan. Berdampak sosial karena Mycotech telah bermitra dengan 150-200 pekerja tani jamur yang ada di sekitar tempat produksi.

"Kami, teman-teman di Mycotech punya mimpi besar ke depannya yaitu grow sustainable material for better life. Jadi kita ingin mengubah mindset bahwa material itu tidak harus mengeksplorasi/mengeksploitasi alam tapi bisa dengan cara menumbuhkan material," jelas dia.

Komentar (1)
Fresh