Bayar Pengamen Pakai Uang Digital | Opini.id
Next Video

Bayar Pengamen Pakai Uang Digital

Kemajuan teknologi ternyata berdampak pada kehidupan pengamen di Jakarta. Bersama Ikatan Musisi Jalanan (IMJ), para musisi jalanan ini bisa mengamen dengan sistem pembayaran digital berupa QR code.

Pendiri IMJ, Andi Malewa mengungkapkan bahwa pengamen yang ingin bergabung dan menggunakan pembayaran digital harus melalui serangkaian proses terlebih dahulu. Pertama-tama, pengamen harus menjadi anggota IMJ dengan menyerahkan sejumlah dokumen pribadi. Dokumen tersebut berupa KTP, KK, hingga surat keterangan bebas narkoba, harus disetorkan untuk kemudian mengikuti wawancara agar bisa diterima menjadi anggota IMJ.

"Seleksi dilakukan untuk mendapatkan musisi jalanan yang memang benar-benar memiliki bakat musik untuk diasah. Karena di luar sana, banyak juga preman yang menggunakan musik sebagai kedok untuk memeras orang-orang. Kami tidak mau yang seperti ini," kata Andi.

Nantinya, pengamen tersebut akan mendapatkan kode QR yang dapat dipindai. Sehingga orang yang ingin memberi sumbangan pada pengamen tersebut cukup memindai kode dan memilih berapa besar sumbangan yang akan diberikan.

Kendati demikian, Andi memastikan bahwa para pengamen tersebut tidak akan berkeliaran di sembarang tempat. Para anggota IMJ biasanya akan ditempatkan di lokasi tertentu yang lebih layak dan teratur, seperti misalnya tampil di cafe atau rumah makan.

Komentar
Fresh