Emas Bukan Berasal Dari Bumi | Opini.id
Next Video

Emas Bukan Berasal Dari Bumi

Emas merupakan logam mulia yang menjadi salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia sejak zaman dahulu hingga sekarang. Banyak kegunaan dari emas yang dimanfaatkan oleh manusia, misalnya dijadikan sebagai mas kawin hingga komponen komputer, sehingga membuat emas banyak dicari.

Meski banyak dimanfaatkan, elemen yang memiliki simbol Au dalam tabel periodik kimia itu sebenarnya terbilang langka di Bumi ini.

Tentu kita sering bertanya dari manakah emas berasal? Apakah berasal dari Bumi? Lalu, bagaimana emas bisa terbentuk?

Menurut situs edukasi TED-Ed, emas yang ada di Bumi berasal dari luar angkasa. Tepatnya emas-emas tersebut terbentuk saat terjadinya supernova, yaitu fenomena meledaknya suatu bintang di luar angkasa.

Menurut analisis yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Bristol, awalnya material-material emas masih berada dalam bentuk gas dan debu yang kemudian memadat menjadi planet. Di Bumi, emas-emas tersebut tersebar di bagian dalam perut Bumi akibat adanya aktivitas geotermal.

Baru kemudian setelah emas ditambang dan diolah, bijih-bijih emas di perut Bumi tersebut bisa menjadi suatu alat atau perhiasan yang biasa kita lihat saat ini.

Komentar (2)
Fresh