Kereta Cepat RI Dekati Kenyataan | Opini.id
Next Video

Kereta Cepat RI Dekati Kenyataan

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dijadwalkan mulai beroperasi pada 2021 mendatang. Kehadiran Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) INI bakal mempersingkat waktu tempuh antara kedua kota. KCJB bakal menggunakan tipe kereta terbaru CR400AF yang merupakan hasil pengembangan tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang.

Dalam siaran pers, Senin (17/6/2019), PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyebut, kereta generasi terbaru ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya kecepatan desain hingga 420 km per jam dan kecepatan operasional 350 km per jam.

Dengan kecepatan tinggi tersebut, CR400AF akan menempuh waktu tempuh untuk jarak 142,3 km Jakarta - Bandung hanya dalam waktu 36 menit bila langsung tanpa henti. Jika ditambah waktu singgah pada empat stasiun itu, maka waktu tempuh Jakarta-Bandung menjadi 46 menit.

Kereta Cepat JKT-BDG ini bakal dipatok mulai dari Rp 228.800 atau USD 16. Jika dibandingkan dengan transportasi umum lainnya, seperti kereta diesel, bus dan agensi travel mungkin harga KLJB ini masih terbilang tinggi.

Namun jika melihat keefektifan waktunya yang singkat, KLJB ini bisa jadi pilihan buat siapa pun yang gak suka menikmati lama dan macetnya perjajalanan.

Komentar
Fresh