Jangan Andalkan Aplikasi GPS 100% | Opini.id
Next Video

Jangan Andalkan Aplikasi GPS 100%

Baru-baru ini tengah ramai kasus wisatawan kesasar karena arahan dari GPS. Novian asal Tangerang Selatan, Banten bareng keluarganya terjebak ditengah kebun teh dan melewati hutan yang tidak ada jalan aspal untuk menuju Wisata Papandayan.

Novian dan keluarganya terjebak mengikuti arahan yang diberikan oleh aplikasi GPS untuk mencapai Wisata Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat. Ia juga merasa bingung karena makin jauh hingga masuk ke daerah pelosok hingga mobilnya terjebak di jalan tanah tengah kebun teh.

Saat sempat dapat sinya ia langsung hubungi SAR dan polisi sampai larut malam untuk dievakuasi.

Pada tahun 2017 wisatawan asalh Yogyakarta juga terjebak di tengah hutan saat ingin menuju wisata Datarang Tinggin Dieng, Jawa Tengah. Namun, arahan GPS justru membuat mereka tersesat ditengah hutan sampai mobilnya terjebak.

Sering terjadi penggunaan GPS sebagai penunjuk arah justru salah arahan.

Muqqorobien Ma'arufi pakar IT dari Ansvia mengatakan kita gak bisa mngandalkan aplikasi GPS sepenuhnya. Aplikasi GPS mempunyai keterbatasan update data jalan maupun wilayah dalam suatu daerah, terutama didaerah yang pelosok dan minim terjamah jaringan internet. Walaupun aplikasi GPS sekarang sudah mumpuni karena banyak satelit dan teknologi lainnya untuk mentriagulasi posisi pengguna GPS.

Penggunaan GPS lebih tepat jika hanya untuk mengetahui dan mencaeri arah tujuan pengguna. Namun, aplikasi tersebut tidak bisa digunakan sebagai penunjuka arah tujuan.

Komentar
Fresh