Siapa Sih Tim Mawar? | Opini.id
Next Video

Siapa Sih Tim Mawar?

Nama Tim Mawar kembali menjadi sorotan publik. Dulu, tim kecil ini disebut berasal dari kesatuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Grup IV TNI AD dan ditengarai sebagai dalang dalam operasi penculikan aktivis politik pendukung demokrasi pada 1997.

Kini, sorotan pada Tim Mawar kembali mencuat usai Tempo mengupas dugaan keterlibatan eks anggotanya yang bernama Fauka Noor Farid untuk menggerakkan massa terkait rusuh sekitar Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada 21-22 Mei.

Namun, eks Komandan tim mawar, Chairawan K Nusyirwan membantah tuduhan itu. Ia menegaskan bahwa Tim Mawar sudah bubar sejak tahun 1999. Chairawan juga berkata, tuduhan keterlibatan Tim Mawar sebagai aktor pericuh dalam aksi itu hanya bohong belaka.

Berdasarkan sejarahnya dalam dakwaan persidangan di Pengadilan Militer 1998, Tim Mawar dibentuk oleh Mayor Bambang Kristiono pada Juli 1997 dengan target memburu dan menangkap aktivis. Sebanyak 22 aktivis berhasil mereka culik. Sembilan orang kembali dalam keadaan hidup, sedangkan 13 aktivis lainnya dinyatakan hilang

Komentar
Fresh