Pesawat Bukan Lagi Pilihan | Opini.id
Next Video

Pesawat Bukan Lagi Pilihan

Kereta api dan kapal menjadi primadona mudik masyarakat Indonesia tahun ini. Dua moda transportasi ini mengalami kenaikan penumpang yang siginifikan dibanding dengan tahun kemarin.

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) catat per tanggal 21 Mei hingga 4 Juni 2019 pemudik moda kapal capai 317.872. Angka ini mengalami kenaikan dibanding tahun lalu yang hanya capai 273.107 atau kenaikan 16,39%.

Kepala Kesekretariatan PT Pelni Yahya Kuncoro bilang kenaikan penumpang yang paling signifikan terjadi di Indonesia bagian timur seperti di Balikpapan, Makassar dan Papua.

Kereta api juga alami kenaikan penumpang yang cukup drastis di musim mudik tahun ini. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi klaim kenaikan penumpang KAI mencapai hampir 10%.

Lonjakan penumpang musim mudik sudah diantisipasi oleh pihak KAI dengan menambah jumlah kereta hingga 50 rangkaian.

Pengguna tol masih jadi andalan pemudik untuk pulang ke daerah masing-masing. Kenaikan pengguna dihitung nasional mencapai 63,5%. Penyumbang terbesar angka tersebut ada pada tol Trans Jawa yaitu 214%. Gak heran soalnya Trans Jawa sudah terhubung dari Pelabuhan Merak hingga Probolinggo sejauh 962 km.

Berbanding terbalik dengan pesawat yang ditinggal kabur oleh penumpang hingga capai 34%. Diprediksi harga tiket yang terlalu mahal mendorong masyarakat pilih moda transportasi lain.

Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Djoko Setijowarno bilang masyarakat terbantu dengan infrastruktur seperti Trans Jawa, Trans Sumatera dan pelabuhan. Masyarakat jadi punya pilihan lain untuk mudik selain pesawat yang harganya lebih mahal dibanding transportasi darat dan kapal.

Komentar
Fresh