Robot Kolibri Kalahin Drone | Opini.id
Next Video

Robot Kolibri Kalahin Drone

Drone bisa dibilang teknologi robot terbang yang udah ketinggalan zaman karena sudah lama ditemukan dan banyak pesaingnya.

Salah satu penemuan baru yang bakal saingi kecanggihan drone adalah hummingbird robot atau robot burung kolibri. Xinyan Deng berpendapat bahwa drone tidak efisien karena bentuk fisiknya yang terlalu besar. Fisik kebesaran ini juga pengaruhi manuver terbangnya terbatas. Sehingga, tidak mampu untuk mengarungi celah-celah kecil dari suatu bidang bangunan.

Profesor dari Purdue University, Amerika Serikat ini membuat eksperimen robot untuk mengalahkan drone dengan robot burung kolibri. Seperti namanya Deng terinspirasi dengan burung kolibri yang punya fisik kecil serta mampu bermanuver gesit saat terbang.

Robot kolibri ini ukurannya hanya segenggaman tangan orang dewasa. Manuver terbangnya pun sangat bebas dan bisa melayang layaknya capug terbang.

Selain itu robot ini akan dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan agar mampu terbang secara otomatis tanpa pengendalian lewat celah sempit. Robot akan melakukan simulasi terbang melewati celah untuk mempelajari medan terbang. Lalu robot akan terbang melewati celah dengan otoritas sendiri.

Deng memproyeksikan robot burung kolibri buatannya cocok digunakan untuk evakuasi bencana alam melewati celah sempit gedung. Serta kebutuhan navigasi darat sampai kebutuhan intelijen.

Fresh