Musik Gak Haram | Opini.id
Next Video

Musik Gak Haram

Wacana musik didalilkan haram dalam agama sempat menjadi diskusi hangat baik di medial sosial dan masyarakat. Isu pun beredar simpang siur, tidak ada pembahasan yang komprehensif mengenai dalil tersebut. Akhirnya persepsi tentang musik dikembalikan kepada masyarakat untuk menafsirkannya.

Diskusi Musik Lintas Iman Untuk Harmoni Indonesia justru memberi perspektif lain mengenai musik terhadap agama.

Soal wacana musik haram dijawab oleh akademisi Nadhlatul Ulama Akhmad Sahal. Sahal kurang setuju dengan pendapat musik diharamkan dalam agama. Orang-orang yang beranggapan demikian tidak memahami konteks ilmu agama secara luas, memandang dalil agama secara sempit.

Menurut Sahal musik punya nilai estetika yang indah. Estetika keindahan ini sering dihargai tinggi oleh para sufi dan wali sebagai bentuk kedekatan terhadap Tuhan. Karena Tuhan identik dengan keindahan yang ada dunia.

Ia juga menilai anggapan haram mengenai musik karena mereka melihat musik sebagai hiburan saja. Padahal musik pemanfaatan musik kembali lagi ke manusia itu sendiri. Jika baik maka akan baik pula hasilnya, begitu dengan sebaliknya.

Ketua Komite Konferensi Musik Indonesia Glen Fredly juga beranggapan demikian. Ia membagi peran musik dalam agama dalam dua hal, yaitu sebagai pengiring ibadah agama dan penanaman nilai agama itu sendiri. Seperti yang dilakukan oleh Wali Songo, memanfaatkan gamelan untuk mensyiarkan agama Islam.

Komentar (8)
Fresh