Masuk Busway Masalah Kecil? | Opini.id
Next Video

Masuk Busway Masalah Kecil?

Sebuah video berdurasi 1 menit 25 detik yang menampilkan seorang pengemudi mobil berpelat nomor B 2486 PFP berdebat dengan petugas kepolisian lantaran dirinya menerobos jalur transjakarta untuk menghindari kemacetan. Petugas kepolisian itu akan menilang pengemudi tersebut dengan meminta memperlihatkan surat-surat kendaraan.

Namun, pengemudi tersebut menolak menunjukkan surat kendaraan dengan alasan terburu-buru menghadiri rapat. "Persoalan saya masuk ke busway bukan persoalan besar," ujar pengemudi. Pengemudi itu juga mengaku kenal dengan pejabat kepolisian di Cakra 7. Siapa atau ada yang tahu apa itu Cakra 7?

Harus diakui, penerobos jalur Transjakarta belum ditindak secara benar. Banyak dari mereka dilepas dengan beragam alasan. Untuk itu pengelola berencana untuk terapkan tilang elektronik. Jadi, siapapun itu langsung kena tilang. Tapi itu butuh waktu, kata Direktur Operasional PT Transjakarta, Daud Joseph. Harus koordinasi dengan kepolisian, termasuk sinkronisasi darta dan sistem.

Kenapa pada nekat aja terobos jalur busway yak? Padahal aturan (Perda DKI Jakarta) sudah jelas kalau melanggar, sanksinya pindana kurungan maksimal 180 hari, juga denda minimal Rp 5.000.000, maksimal Rp 50.000.000.

.

Fresh