Lulus-lulusan Berfaedah | Opini.id
Next Video

Lulus-lulusan Berfaedah

Kelulusan tingkat SMA senasional sudah diumumkan oleh sekolah masing-masing secara serentak.

Setelah pengumuman biasanya banyak dari siswa-siswi Indonesia merayakannnya dengan cara coret-coret baju dan lainnya. Kegiatan ini sering kali banyak merugikan masyarakat dan siswa itu sendiri.

Tapi beberapa pelajar ini melakukan perayaan kelulusan dengan cara yang gak biasa. Mereka memilih melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti beramal dan aksi lingkungan. Seperti pelajar dari dua SMK di Tana Toraja,Sulawesi Selatan yaitu SMK Kristen Pelangi dan SMK Pembangunan Makale yang memungut sampah.

Awalnya mereka melakukan aksi coret-coretan, namun sadar akan kegiatan tersebut tidak memberi manfaat mereka langsung tergerak untuk memungut sampah disekitar kota. Hasilnya mereka kumpulkan 23 karung sampah.

Pelajar SMK Giri Handayani di Gunung Kidul, DIY syukuri kelulusan dengan buka layanan kesehatan gratis. Inisiatif ini sengaja mereka lakukan sebagai lulusan pelajar kesehatan yang akan berprofesi sebagai perawat. Para siswa-siswi ini layani para pedagang yang ada di Pasar Playen.

Beda lagi cara selebrasi kelulusan yang dilakukan oleh pelajar SMA 1 Batusangkar di Padang, Sumatera Barat. Mereka memilih cara yang lebih berfaedah dengan cara bagi-bagi takjil gratis ke masyarakat jelang buka puasa.

Saat ditanya para pelajar SMA ini sudah lama mengumpulkan uang untuk beli bahan takjil. Setelah itu mereka belikan makanan dan minuman lalu dibagikan ke masyarakat.

Perayaan kelulusan yang berfaedah seperti ini bisa dicontoh oleh pelajar lainnya. Kelulusan SMA bukan akhir dari proses belajar, tapi memulai lembaran baru yang musti dipersiapkan.

Fresh